1. Mengkoordinasikan perumusan rencana kegiatan Sekretaris Dinas
  2. Mengkoordinasikan penyiapan petunjuk pelaksanaan Sekretariat Dinas
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas – tugas di bidang administrasi umum meliputi  : organisasi dan ketatalaksanaan, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perlengkapan dan urusan rumah tangga Dinas, UPTD dan Sekolah.
  4. Membina dan mendistribusikan pelaksanaan tugas – tugas dan pengelolaan keuangan dinas.
  5. Mengkoordinasikan    pembiayaan    penjaminan  mutu satuan pendidikan sesuai kewenangannya.
  6. Koordinasi, fasilitas, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan ujian sekolah skala kabupaten.
  7. Membina bawahan dalam pelaksanaan tugas – tugas kesekretariatan meliputi pelayanan administrasi umum perkantoran, organisasi ketatalaksanaan, kepegawaian, keuangan dan peningkatan sarana prasarana aparatur dinas, UPTD dan sekolah.
  8. Membina dan mengkoordinasikan keamanan, keutuhan, kebersihan, keindahan, dan kenyamanan kantor
  9. Mengkoordinasikan pembina dan pengembangan kapasitas aparatur dinas.
  10. Membina dan mendistribusikan tugas – tugas kepada bawahan.
  11. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan karier.
  12. Menevaluasi dan merumuskan laporan kegiatan Sekretariat Dinas sebagai pertanggung jawaban kepada atasan.
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan.
  14. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan atasan.