Hari ini, Kamis 2 Mei 2019 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ke-111 Tahun 2019, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam memeriahkan peringatan Hardiknas tahun ini.

Bertempat di Lapangan Upacara Tanah Aron dilaksanakan upacara bendera memperingati hari Pendidikan Nasional, Hari Otonomi Daerah sekaligus May Day atau Hari Buruh Internasional. Acara berlangsung sejak pagi hingga pukul 10.00 Wita. Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, didampingi Wakil Bupati Karangasem Dr. I Wayan Artha Dipa berserta jajaran muspida kabupaten Karangasem beserta dengan undangan lainnya. Pada kesempatan itu pula dibacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2019.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter  dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Pemerintah Kabupaten Karangasem berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat.

Mulai tahun 2016 sampai sekarang, Pemerintah Kabupaten Karangasem telah meluncurkan salah satu program unggulan di Bidang Pendidikan yaitu Kartu Karangasem Cerdas yang menyasar seluruh siswa yang miskin. Kartu Karangasem Cerdas bertujuan untuk meniadakan drop out dan putus sekolah anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama agar Program Wajib Belajar Sembilan Tahun tercapai.

Kartu Karangasem Cerdas juga bertujuan untuk pembangunan pada penguatan SDM. Di sinilah peran dan tanggung jawab pendidikan dan kebudayaan akan semakin besar. Dalam penguatan SDM tersebut terbentang tantangan internal dan eksternal sekaligus. Tantangan internal tampak pada gejala tergerusnya ketajaman akal budi dan kekukuhan mentalitas kita. Untuk menjawab tantangan ini, sejak awal Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga telah melaksanakan program MENYAPA SISWA DAN MENJEMPUT SISWA yang dilaksanakan di seluruh Satuan Pendidikan dalam mendukung program Nawacita Presiden serta pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang mengamanahkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Selain pelaksanaan upacara bendera, dalam memeriahkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 ini Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem menggelar Gebyar Hari Pendidikan Nasional 2019 dengan mengambil tema “Melalui Hari Pendidikan Nasional, Kita Wujudkan Generasi Cerdas, Kreatif dan Inovatif Menyongsong Revolusi Industri 4.0”. Gebyar Pendidikan diselenggarakan selama 3 hari, mulai hari ini 2 Mei 2019 hingga 4 Mei 2019 yang menampilkan Prestasi, Kreatifitas Seni dan Budaya masing-masing kecamatan melalui rangkaian kegiatan antara lain : Parade budaya, Pameran Pendidikan, Unjuk Kreatifitas Peserta Didik jenjang PAUD, SD, SMP dan SMK Se-Kabupaten Karangasem, Lomba-lomba, Senam Massal, dan kegiatan lain yang membangkitkan kreatifias pendidikan, seni dan budaya.